Sunday, June 4, 2017

Media Online: Tugas 9



1.       Topik hangat saat ini di Indonesia dalam akun media sosial saya adalah mengenai kasus maskapai penerbangan United Airlines yang menurunkan paksa penumpangnya.

2.       Kasus tersebut sudah ada di media resmi (http://internasional.kompas.com/read/2017/04/13/13194701/pria.yang.diseret.di.dalam.pesawat.gugat.united.airlines). Perbedaannya di media sosial kasus tersebut disajikan dalam bentuk meme sedangkan dalam portal berita kasus tersebut dibuat berita dengan jelas kronologinya.


3.       a. Bisa menjadi viral dan tersebar cepat karena adanya sensasi kelucuan dan akhirnya dimanfaatkan oleh pengguna media sosial untuk membuat meme mengenai Bekasi. Seperti Bekasi dianggap terlalu jauh dari Jakarta. Lalu dibuat meme menjadi berkembang sangat jauh, sejauh Bumi dari Matahari.

b. Media pers nasional mengangkat fenomena dalam pemberitaannya karena menjadi viral di media sosial sehingga dapat memberikan informasi juga kepada pemerintah di Bekasi dalam hal penanganan infrastruktur di Bekasi yang menjadi sindiran secara ‘halus’ melalui media sosial.

No comments:

Post a Comment