Sunday, June 4, 2017

Media Online: Tugas 8



Johanes               14140245
Kezia Amalia      14140221
Julia Pamela       14140219
Gisela Marviani  14140297

MEDIA ONLINE 6PIK4 CITIZEN JOURNALISM

1.       Misi dari setiap website:
a.       Kompasiana : kompasiana menampung beragam konten dari semua lapisan masyarakat dari beragam latar belakang budaya, hobi, profesi dan kompetensi untuk ikut berbagi informasi, pendapat dan gagasan. Keterlibatan aktif warga diharapkan dapat mempercepat arus informasi dan memperkuat pondasi demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
b.      Rumah Pintar Komunikasi: Tempat bagi para penggiat jurnalistik untuk berdiskusi tentang kajian komunikasi dan mengajak pengunjung situs untuk bergabung ke komunitas agar bisa diajarkan cara menulis yang baik. Serta komunitas ini memiliki tim pelatihan jurnalistik untuk melatih anggotanya dalam tulis menulis berita, artikel dan feature.
c.       Oh My News: Perusahaan  website yang berbasis (citizen journalism pertama)menerima danmenerbitkan bentuk artikel journalismdari pembacanya. Memberikan sarana media kepada citizen untuk menerbitkan karya jurnalistik mereka dengan aturan editor dari pihak oh my news berbeda dari portal news lainnya. Selain itu juga website menjadi sarana masyarakat menyampaikan pendapat dengan cara menulis artikel yang menyampaikan informasi, ajakan (himbauan).
d.      Wikipedia: Sebenarnya, tidak ada visi dan misi secara resmi oleh wikipedia, karena sebuah ensiklopedia itu tidak terikat oleh institusi tertentu, kecuali pada ensiklopedia lembaga tersebut.
Wikipedia berupa ensiklopedia isi bebas, yang ditulis oleh para penyunting dari seluruh dunia. Situs yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003), merupakan situs wiki, yang berarti siapa pun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.

2.       Bidang yang paling mendominasi:
a.       Kompasiana: citizen journalism
b.      Rumah Pintar Komunikasi: Pelatihan Jurnalistik
c.       Oh My News: Citizen journalism report (human interest) artikel feature
d.      Wikipedia: Ensiklopedia (mesin pencari)

3.       Urutan tertinggi hingga terendah website dari segi manfaatnya:
Wikipedia -> Kompasiana -> Oh My News -> Rumah Pintar Komunikasi

4.       Website yang menerima sumbangan tulisan warga dan website yang tidak menerima tulisan warga, hanya dikelola oleh pemilik website:
-          Menerima sumbangan tulisan warga: Kompasiana, Oh My News, Wikipedia
-          Hanya dikelola oleh pemilik website: Rumah Pintar Komunikasi

5.       Website yang menerima sumbangan tulisan dari warga dan memberikan honor untuk penulisan:
-          Tidak ada yang menerima honor

6.       Website yang memiliki kredibilitas tinggi dan urutan tertinggi hingga terendah:
-          Oh My News
-          Kompasiana
-          Rumah Pintar Komunikasi
-          Wikipedia

No comments:

Post a Comment